Menjalankan perintah fastboot android tanpa pc


tutorial-menjalankan-perintah-fastboot-tanpapc

Fastboot merupakan software yang tertanam pada smartphone guna memformat atau mempartisi ulang sebuah sistem yang mana fastboot sendiri juga mempunyai beberapa barisan perintah dasar .

Perintah fastboot akan diproses melalui sebuah personal computer , kemudian akan diteruskan ke perangkat android yang terhubung dengan pc tersebut melalui kabel USB .

Beberapa contoh perintah fastboot diantaranya :

  1. Fastboot devices : untuk mengecek list device yang terhubung atau mengecek apakah device sudah terhubung dengan baik .
  2. Fastboot oem device-info : menampilkan status sebuah perangkat terkait info botloader
  3. Fastboot oem unlock : berfungsi untuk membuka switch botloader menjadi keadaan terbuka atau enable ( dibutuhkan kode botloader dari pabrikan smartphone)
  4. Fastboot oem lock : guna megunci kembali fastboot keadaan semula dari unlocked 
  5. Fastboot reboot : perintah untuk memulai ulang perangkat yang terhubung
  6. Fastboot reboot recovery : memberi perintah perangkat yang terhubung untuk masuk ke mode recovery
  7. Fastboot reboot botloader : untuk reflash ulang sistem terkadang perlu kita reboot dalam keadaan botloader
  8. Fastboot flash : mempunyai beragam fungsi untuk flash beberapa file sistem seperti : zip , boot.img , recovery.img , radio , system.img dll .
  9. Fastboot format:ext4 userdata : berfungsi untuk menghapus seluruh data pada device yang terhubung.

Fastboot sendiri mempunyai peran yang sangat penting diantaranya sangat berguna untuk : memformat , re-partisi , re-install sistem apabila sebuah sistem android mengalami error , dengan adanya fastboot memudahkan kita untuk memperbaiki sistem yang rusak dengan langkah ringan . 

Akan tetapi , fastboot hanya bisa diproses melalui sebuah pc dan menjadi kendala bagi yang tidak memiliki pc , namun seiring perkembangan para developer berusaha keras untuk menciptakan terobosan baru . 

Kabar baiknya perintah fastboot sekarang dapat berjalan atau di proses dengan baik tanpa bantuan pc atau tanpa pc . Melalui sebuah module magisk yaitu "adb fastboot for android NDK" sebuah basic module dari magisk berisi barisan perintah fastboot yang dapat di jalankan melalui aplikasi terminal script . 

Alat yang perlu di siapkan :

  • 2 buah handphone android ( Contoh. Android "A" dan Android "B" )
  • 1 buah kabel OTG
  • 1 buah kabel data ( support transfer data baik )
  • Aplikasi terminal emulator , termux 

Keterangan : Pada tutorial kali ini akan menggunakan 2 buah smartphone android "A" dan "B"  yang mana kita ibaratkan android "A" merupakan pengganti PC ( harus keadaan root menggunakan magisk ) , sedangkan android "B" adalah target fastbootnya. 

Oke, berikut langkah - langkah menjalankan perintah fastboot tanpa pc :

  1. Hubungkan kedua perangkat android "A" dan "B" melalui kabel OTG dengan cara masukkan kabel otg pada android "A" dan kabel data di android "B" kemudian colokkan usb cable pada port usb OTG.
  2. Pastikan magisk beserta module nya terinstall dengan benar pada android "A" , buka terminal emulator / termux kita bisa ketikkan " fastboot devices " 
  3. Enable USB debugging pada android "B" caranya pergi ke setelan > klik Build Number 7 kali sampai ada notif " anda menjadi pengembang " > buka developer options > centang pada debugging USB .
  4. Lalu akan tampil list device id yang terhubung 
  5. Coba ketikkan "fastboot reboot" kemudian enter , apabila android "B" merespon dengan reboot berarti perangkat telah berhasil terkoneksi 
  6. Sukses sampai langkah ini kita telah berhasil mengkoneksikan perangkat fastboot tanpa pc , tinggal lakukan beberapa perintah sesuai keperluan .

Catatan :

Apabila setelah menuliskan perintah "fastboot devices" maka list device id tidak tertampil coba cek kembali apakah module "adb fastboot for android ndk " sudah terinstall dengan benar , jika sudah namun tetap respon sama coba cek bagian otg dan usb cable nya apakah support untuk transfer data , karena terdapat beberapa kabel hanya support pengisian daya.

Attached thumbnail :

tutorial-menjalankan-perintah-fastboot-tanpa-pc